Algoritma

On Selasa, 12 Juni 2012 | 06.48

Mungkin bagi sebagian orang istilah algoritma ini sudah tidak asing lagi di telinga mereka, tapi tidak untuk sebagian lainnya, maka tidak ada salahnya jika diposting di sini :).

Seperti halnya sebuah bangunan kuat, memiliki struktur rangka yang baik. Program atau aplikasi juga harus disusun oleh struktur pemrograman yang baik. Teknik penyusunan struktur program disebut dengan Algoritma.

Kata “algoritma” diserap dari Bahasa Inggris “algorithm”. Algorithm sendiri bukan kata asli Bahasa Inggris. Jika ditelusuri lebih lanjut, kata algorithm berasal dari kata algorism yang berarti proses menghitung dengan angka Arab. Seorang algorist adalah seorang yang menghitung menggunakan angka Arab. Para ahli sejarah matematika meyakini bahwa kata algorism berasal dari nama penulis buku berkebangsaan Arab yang terkenal, yaitu Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi (770-840). Orang barat melafalkan Al-Khuwarizmi sebagai algorism. Salah satu buku beliau yang terkenal adalah Kitab Al Jabar Wal Muqobala, yang berarti “Buku pemugaran dan pengurangan” (The book of restoration and reduction). Dari judul buku itu jugalah didapat kata “Aljabar” yang sekarang merupakan salah satu cabang ilmu Matematika.

Dalam perkembangannya kata algoritma justru banyak dipakai di bidang komputer. Algoritma didefinisikan sebagai urutan langkah-langkah penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Sebuah sumber lain menuliskan algoritma adalah suatu metode khusus yang tepat dan terdiri dari serangkaian langkah yang terstruktur dan dituliskan secara matematis, yang akan dikerjakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan bantuan komputer.

Berdasarkan definisi dan pengertian algoritma di atas, dapat dikatakan bahwa algoritma merupakan langkah penyelesaian suatu masalah yang menghasilkan solusi dalam bentuk program komputer.

Algoritma tidak boleh tergantung oleh suatu bahasa pemrograman tertentu, artinya suatu algoritma harus dapat diwujudkan oleh bahasa pemrograman apapun.

Algoritma dapat disajikan dalam 2 bentuk, yaitu dalam bentuk tulisan/bahasa dan dalam bentuk gambar. Penyajian algoritma dalam bentuk gambar sering disebut flow chart.

Sumber :
Yahya Kurnia, ST., Kiat Praktis Menguasai ActionScript 2.0 Flash MX 2004, 2005, PT Elex Media Komputindo, Jakarta, hal : 4

Download :
Algoritma (*.pdf) 86 KB

9 komentar:

  1. waahh..nice share gan,jadi tambah pengetahuan nich :)

    BalasHapus
  2. waduuhhh ni mata kuliah yang sangat bingung... karena saya kagak suka dengan yang logika2 gitu... hehehe

    semangat terus sob

    BalasHapus
  3. tambah lagi pengetahuan....

    BalasHapus
  4. Wuiiihhh..sip banget artikelnya abang..pokoknya manyuz dahhh..hahahahahahyyyyyyy

    BalasHapus

- Tinggalkan komentar !!!
- Pilih Profil (Anonymous boleh)
- Poskan Komentar / Publikasikan

Terima Kasih,


astheams

*Mohon maaf apabila ada tulisan yang kurang berkenan